DPW LDII Kalimantan Selatan menggelar pelatihan jurnalistik selama tiga hari di Banjarmasin, dengan tujuan membekali generasi muda agar bijak dalam bermedia sosial dan mengurangi fenomena post truth.

Banjarmasin (19/10) – Dewan Pimpinan Wilayah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (DPW LDII) Provinsi Kalimantan Selatan menggelar Pelatihan Jurnalistik untuk generasi muda selama tiga hari berturut-turut, mulai dari Kamis hingga Sabtu (17-19/10), bertempat di Hotel Roditha, Banjarmasin. Kegiatan ini diikuti oleh 40 peserta yang terdiri dari 26 putra dan 15 putri, mewakili 10 Dewan Pimpinan Daerah (DPD) LDII Kabupaten/Kota se-Kalimantan Selatan.

Acara ini menghadirkan narasumber Rulli Kuswahyudi, S.Sos, yang menjabat sebagai Ketua Koordinator Bidang Komunikasi Informasi dan Media (KIM) DPP LDII. Dalam sambutannya, Ketua DPW LDII Kalsel, Dedi Supriatna, menyatakan bahwa pelatihan ini merupakan bagian dari upaya untuk membekali generasi penerus agar lebih bijak dalam bermedia sosial di era post truth.

Peran anak muda sangat dibutuhkan saat ini, mereka sudah sangat menguasai dunia digital. Namun, kita juga harus memastikan mereka menggunakan kemampuan ini secara bijak,” ujar Dedi saat membuka acara pada Kamis (17/10) malam.

Menurut Dedi, pelatihan ini sangat penting karena pemuda harus mampu menyajikan fakta yang benar mengenai eksistensi LDII di masyarakat. Banyak informasi positif mengenai kegiatan LDII yang bisa disebarkan melalui media sosial, namun sering kali berita tersebut diubah menjadi negatif oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Hal-hal positif mengenai LDII harus didistribusikan di tengah masyarakat agar mereka bisa mendapatkan informasi yang utuh dan benar tentang LDII,” tambahnya.

Selain itu, salah satu peserta, Achmad Ferdian dari DPD LDII Kabupaten Tanah Bumbu, juga menyampaikan rasa syukur karena bisa mengikuti pelatihan ini. "Alhamdulillah, ini merupakan pengalaman pertama saya, dan sangat berharga," ungkapnya saat diwawancarai menjelang penutupan acara pada Sabtu (19/10).

Peserta Pelatihan Jurnalistik LDII Kalsel sedang mengikuti sesi pelatihan bersama Rulli Kuswahyudi, Ketua Koordinator Bidang KIM DPP LDII, di Hotel Roditha Banjarmasin.

Menurut Ferdian, pelatihan ini memberinya pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya jurnalisme dalam mengelola informasi yang akan dipublikasikan di media sosial. "Ternyata banyak informasi yang belum layak dipublikasikan, namun sudah beredar di media sosial," tutupnya.

Melalui kegiatan ini, LDII berharap generasi muda dapat menjadi pilar utama dalam memerangi penyebaran berita palsu dan membantu menciptakan ekosistem media sosial yang sehat dan produktif.(Rzq/Ac)



Posting Komentar