Para santri mengikuti pembukaan Kemah Santri 2024 di Pondok Pesantren Nur Aisyah Bantul, DIY, sebagai bagian dari peringatan Hari Santri Nasional.

Bantul (19/10) - Satuan Komunitas (Sako) Pramuka Sekawan Persada Nusantara (SPN) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar Kemah Santri 2024 untuk menyambut Hari Santri Nasional. Bertempat di Pondok Pesantren Nur Aisyah, Barongan, Sumberagung, Jetis, Bantul, kegiatan ini berlangsung pada Sabtu hingga Minggu, 19-20 Oktober 2024, dengan tema “Menyambut Juang, Merengkuh Masa Depan, Terapkan 29 Karakter Luhur”.

Acara ini diikuti oleh 367 santri dari berbagai pondok pesantren di bawah naungan DPW LDII DIY, termasuk Ponpes Al Barokah Bantul, Ponpes Nur Aisyah Bantul, PPPM Baitussalam Yogyakarta, PPM Baitul Hamdi Yogyakarta, PPM Grha Cendekia Sleman, Ponpes Nur Azizah Sleman, Insan Mulia Boarding School Sleman, Ponpes Al Hadi Gunungkidul, Ponpes H. Muhammad Utsman Gunungkidul, dan Ponpes Bani Kadarusman Kulon Progo.

Kemah Santri Sako SPN DIY 2024: Membangun Karakter Luhur Santri dalam Menyambut Hari Santri Nasional di Pondok Pesantren Nur Aisyah Bantul


Ketua Tim PAI Pakis Kemenag DIY, Edy Purwanto, hadir dalam acara pembukaan dan memberikan apresiasi kepada Sako SPN DIY atas inisiatifnya menggelar *Kemah Santri* sebagai bagian dari peringatan Hari Santri Nasional. “Saya sangat bangga melihat santri-santri kita ini memiliki jiwa patriotisme yang tinggi. Kegiatan ini menunjukkan perpaduan antara spiritualitas dan nasionalisme yang harus terus dibina,” kata Edy dalam sambutannya.

Edy juga memberikan pesan semangat kepada para santri yang mengikuti Kemah Santri 2024, menekankan pentingnya menjaga karakter Islami dan mengemban amanat bangsa. “Jadilah pemuda yang hebat, tetap Islami, dan siap mengemban amanat rasul dan bangsa,” ujarnya.

Selama kegiatan, para santri mendapatkan pembekalan dari Kanwil Kemenag DIY tentang pentingnya moderasi beragama, serta materi dari Kejaksaan Tinggi DIY mengenai bahaya bullying, khususnya di kalangan pesantren.

Kemah Santri Sako SPN DIY di Pondok Pesantren Nur Aisyah, Bantul, menjadi ajang pembentukan karakter luhur dan patriotisme bagi 367 santri.

Tak hanya itu, berbagai lomba juga digelar untuk mengasah kreativitas dan pengetahuan santri. Di antaranya lomba hasta karya mengolah sampah, membuat jamu tradisional, cerdas cermat, serta perlombaan khusus seperti sesorah bahasa Jawa bagi santri putra dan wiru jarik untuk santri putri.

Dengan berbagai aktivitas yang diadakan, Kemah Santri 2024 diharapkan mampu menjadi wadah yang mempererat keakraban antar santri serta membentuk karakter positif yang sesuai dengan nilai-nilai luhur keislaman dan kebangsaan.(Uk/Ac)

Kemah Santri, Sako SPN DIY, Hari Santri Nasional 2024, Pondok Pesantren Nur Aisyah, DPW LDII DIY, moderasi beragama, bahaya bullying, karakter luhur santri, kegiatan pramuka, LDII


Posting Komentar