SIDOARJO – Pelaksanaan upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI di Ponpes Al Barokah Sruni, Gedangan, Sidoarjo, Sabtu pagi (17/8/2024), dengan pembina Wakil Ketua DPD LDII (Lembaga Dakwah Islam Indonesia), Prof. Dr. Ir. H. Bambang Guruh Iriyanto, yang membacakan amanat Ketua Umum DPP LDII pada perayaan HUT RI tahun 2024.

Upacara di ponpes naungan LDII ini diikuti oleh para santri pondok, pengurus dan guru pondok, guru sekolah PPS Mulia Insani dan MA Mulia Insani, anggota Senkom Mitra Polri, mahasiswa KKN dari UNUSIDA, pengurus Muhammadiyah Ranting Sruni, pengurus MWC NU Sruni, dan para tokoh masyarakat.

Semangat nasionalisme dan patriotism sangat terasa pada saat upacara berlangsung. Semuanya sangat khidmat. Mulai dari pengibaran bendera merah putih, pembacaan Pancasila, pembacaan teks proklamasi kemerdekaan RI, mengheningkan cipta, hingga doa penutup. Peserta upacara yang terdiri dari berbagai elemen masyarakat itu tampak menjiwai dan menghayati acara demi acara upacara. Manunggal dalam persatuan dan kesatuan, memeringati HUT RI.

Wakil Ketua DPD LDII Kabupaten Sidoarjo, Prof. Dr. Ir. H. Bambang Guruh Iriyanto sebagai pembina upacara membacakan amanat Ketua Umum DPP LDII pada upacara Perayaan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, tanggal 17 Agustus 2024. Adapun kutipan dan rangkuman isi amanatnya sebagai berikut di bawah ini.

Saudara-Saudara Warga LDII sebangsa dan setanah air.

Usai Praklamator bangsa membacakan naskah Proklamasi Kemerdekaan pada 79 tahun yang lalu, kita telah mencapatkan suatu nikmat yang tidak ternilai harganya, dari Allah SWT, berupa kemerdekaan, dari daratan hingga lautan.

Berkat ridho Allah SWT, perjuangan bangsa yang tertindas itu, akhirnya mengantarkan rakyat Indonesia pada gerbang kemerdekaan, yang diimpikan sejak tahun 1928. Dengan demikian, bangsa ini dapat menemukan jalan untuk mewujudkan tujuan kemerdekaannya.


Tujuan berdirinya bangsa Indoonesia sebagaimana digagas oleh para pendiri bangsa Dallam pembukaan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 itu, tetap relevan hingga sekarang. Perjalanan bangsa Indonesia telah sampai pada tahun 2024 atau 79 tahun merdeka. Yang merupakan tahun krusial, karena ada pergantian kepemimpinan baru, dan rencana pemindahan ibu kota negara. Dengan demikian, tema “Nusantara Baru Indonesia Maju” memiliki makna yang sangat dalam bagi bangsa Indonesia.

Mencapai usia 79 tahun bagi bangsa Indonesia merupakan sebuah prestasi tersendiri. Berkat rahmat Allah, dalam tujuh dekade Indonesia tetap bersatu. SDM (Sumber Daya Manusia) merupakan inti dari suksesnya pembangunan nasional. Sejak 2011, LDII berupaya melahirkan SDM profesional religius, dengan 29 karakter luhur untuk mewarnai Indonesia Emas 2045.

Seluruh rakyat Indonesia, termasuk warga LDII di dalamnya, memiliki tanggung jawab untuk membantu menyukseskan pembangunan nasional, untuk menyambut 100 tahun kemerdekaan Indonesia, agar Indonesia Emas 2045 benar-benar terwujud.

Sebagai bagian dari komponen bangsa Indoonesia, pada Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Bangsa Indonesia ini seluruh warga LDII diajak untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan, bersama-sama dengan pemerintah. LDII sebagai ormas Islam yang memiliki legitimasi kuat di mata pemerintah dan masyarakat, adalah subjek atau aktor pembangunan. Dalam konsep masyarakat madani, senantiasa berkontribusi kepada pemerintah, bangsa, dan negara.

Melalui penguatan 8 Program Pengabdian LDII untuk Bangsa: kebangsaan, keagamaan, pendidikan, ekonomi, pangan dan lingkungan hidup, kesehatan, teknologi digital, energi baru terbarukan.

(KIM DPD LDII Sidoarjo)

Posting Komentar