Silaturahim MUI Sidoarjo: Memperkuat Ukhuwah Islamiyah dan Menjaga Keutuhan NKRI

Sidoarjo, 13 Juli 2024 - Bertempat di Kantor Kecamatan Balongbendo, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sidoarjo menggelar kegiatan silaturahim yang dihadiri oleh para ulama, termasuk perwakilan dari PC LDII Kecamatan Balongbendo yang diwakili oleh Ustadz Sismadi. Hadir juga dalam acara ini adalah perwakilan MUI kecamatan dan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka) se-Kabupaten Sidoarjo. Acara yang berlangsung pada Sabtu ini bertujuan memperkuat ukhuwah Islamiyah dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dalam kegiatan ini, MUI Kabupaten Sidoarjo yang di wakili oleh H.Imam Mahfudzi menegaskan visi dan misinya untuk menciptakan kehidupan masyarakat yang memperoleh ridha dan ampunan Allah SWT, serta menuju masyarakat berkualitas yang mampu mewujudkan kejayaan Islam dan kaum Muslimin. "Visi kami adalah untuk menciptakan baldatun thoyyibatun wa robbun ghofur, masyarakat berkualitas demi terwujudnya izzul Islam wal-muslimin dalam wadah NKRI," ujar H.Imam Mahfudzi.

MUI Kabupaten Sidoarjo juga menggarisbawahi beberapa misi utama yang harus dijalankan oleh para ulama, di antaranya menggerakkan kepemimpinan umat secara efektif, melaksanakan dakwah amar ma'ruf nahi mungkar, serta mengembangkan ukhuwah Islamiyah. "Kami berkomitmen untuk menjadikan ulama sebagai panutan yang mampu membina umat dalam menanamkan aqidah Islamiyah serta menjalankan syariah Islamiyah," tambah H.Imam Mahfudzi.

Selain itu, dalam acara ini juga disosialisasikan beberapa keputusan penting seperti Fatwa MUI Provinsi Jawa Timur Nomor 1 Tahun 2023 tentang Hukum Politik Identitas dan hasil Ijtima Ulama MUI Bangka Belitung 2024. Fatwa ini menjadi panduan bagi umat Islam dalam menghadapi dinamika politik yang kerap kali diwarnai oleh penggunaan politik identitas.

Sebagai pewaris tugas-tugas para nabi, MUI memiliki peran strategis dalam memberikan fatwa, membimbing umat, serta menjadi pelopor gerakan islah wal tajdid (pembaharuan). "Kami berharap kegiatan ini dapat mempererat tali silaturahim dan kebersamaan di antara umat Islam, serta memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa," tutup H.Imam Mahfudzi.

Kegiatan ini mendapat apresiasi positif dari berbagai kalangan yang hadir. Mereka berharap, silaturahim semacam ini bisa rutin dilaksanakan untuk terus menjaga semangat kebersamaan dan keutuhan NKRI.

Dengan komitmen yang kuat dari para ulama, MUI Kabupaten Sidoarjo bertekad untuk terus berperan aktif dalam membimbing umat dan menjaga stabilitas bangsa. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai setiap langkah dan usaha kita semua.

Posting Komentar